25 About Android newbie

1.    Android saya terus menerus menyedot pulsa, apa yang bisa saya lakukan?
Silakan Anda masuk ke menu setting – wireless & network – mobile network setting. Hilangkan tanda centang di bagian Data enabled. Hal tersebut akan membuat Android Anda sama sekali tidak terkoneksi dengan internet. Jika ingin terhubung kembali, tinggal bubuhkan tanda centang kembali

2.    Apakah saya bisa menginstal file di luar Google Play?
Bisa. Masuklah ke menu setting – application. Bubuhkan tanda centang pada menu unknown source supaya aplikasi yang berasal dari luar Google Play dapat diinstal. Masukkan file instaler android (bisanya berekstensi apk) ke dalam memori ponsel atau kartu memori yang terdapat dalam ponsel.  Dengan menggunakan aplikasi pencari file seperti ES File Explorer (free – bisa diunduh di android market), buka file installer tersebut, maka proses instalasi akan langsung berjalan.

3.    Bagaimana cara upgrade sistem operasi secara langsung dari ponsel android?
Beberapa ponsel android memiliki fasilitas instal langsung via internet (OTA  – over the air).  Silakan masuk ke menu setting – about phone, kemudian tekan menu system updates. Jika ada upgrade android terbaru, ponsel Anda akan langsung melakukan instalasi. Fasilitas ini kemungkinan tidak terdapat disemua Android.

4.    Bagaimana cara menggabungkan kontak Facebook dan Twitter saya dengan kontak yang ada di ponsel?
Pastinya Anda akan lelah jika harus menambahkan satu per satu secara manual.  Cara termudah adalah masuk ke menu setting – account and Sync – kemudian pilih akun yang akan disinkronisasikan dari daftar akun. Selanjutnya  pilih sync contact. Selain Facebook dan Twitter, Anda juga bisa menambahkan contact dari akun lain misalnya dari aplikasi Whatsapp dan Yahoo.

5.    Bagaimana supaya android saya tidak boros baterai?
Banyak cara yang bisa Anda upayakan supaya tenaga baterai tetap awet.  Matikan live wallpaper, matikan widget yang tak perlu, aktifkan koneksi internet hanya saat dibutuhkan, non aktifkan auto sync pada aplikasi atau jauhkan interval waktu dalam sync.

6.    Darimana saya tahu versi android saya?
Mudah, silakan masuk ke menu setting – About the phone. Perhatikan pada menu Android version. Akan terlihat deretan angka yang menunjukkan versi Android Anda. Misalnya 2.3.4 (gingerbread)

7.    Apakah android saya mendukung format flash? Bagaimana cara mengetahuinya?
Cara termudah adalah dengan membuka situs m.youtube.com dan mencoba memainkan salah satu video yang ada di dalamnya. Jika tidak bisa, silakan instal aplikasi Flash Player yang dapat diunduh di Google Play. Jika tidak ada di menu Google Play, atau tidak dapat diinstal, berarti ponsel Android Anda memang tidak mendukung format Flas. Beberapa ponsel seperti Samsung Galaxy Mini sebenarnya tidak dapat memainkan format Flash, namun beberpa developer telah memodifikasinya sehingga akhirnya Galaxy mini memiliki kemampuan tersebut.

8.    Bagaimana cara mempartisi kartu memori?
Pada prinsipnya, partisi di kartu android bisa 2 tipe yaitu partisi Ext3 (linux) dan partisi FAT32.
Anda akan memerlukan sebuah komputer bersistem operasi Windows, card reader (atau bisa juga dengan mamakai ponsel android) dan software MiniTool Partiton Wizard yang dapat diunduh secara gratis di http://www.partitionwizard.com/free-partition-manager.html.

9.    Saya ingin android saya bisa memainkan beragam format video, bagaimana caranya?
Anda bisa mencoba menginstal aplikasi video player alternatif seperti  QQplayer, Vplayer, atau Moboplayer. Semuanya tersedia secara gratis dan dapat diunduh melalui Google Play.

10.   Apakah Android saya bisa diupgrade ke versi 4x alias Ice Cream Sandwich?
Ice Cream sandwich butuh spesifikasi hardware yang lumayan tinggi. Mungkin Anda akan kecewa karena android Anda bakal mentok di versi  Android tertentu. Untuk mengeceknya, silakan masuk ke website ofisial dari produsen Android Anda.

11.   Saat menggunakan navigasi google maps, android saya terkadang tidak menunjukkan lokasi yang semestinya. bagaimana cara mengatasinya?
Selain memiliki modul GPS, untuk ketepatan penentuan lokasi, sebaiknya Anda juga mengaktifkan koneksi internet. Caranya, masuk ke menu setting – Location & security. Kemudian centang menu “Use wireless networks” dan “Use GPS Satelites”. Jangan lupa, menggunakan GPS di ruang terbuka akan menambah akurasi dan ketepatan penunjukan lokasi.

12.    Di Google Play, banyak sekali aplikasi yang dapat diunduh secara gratis. Bagaimana saya dapat mengetahui aplikasi tersebut bagus dan layak?
Di Google Play terdapat menu review, rating dan comment. Juga terdapat catatan berapa orang yang telah mendownload  aplikais tersebut. Jika rating dan commentnya bagus, juga jumlah pendownloadnya banyak, berarti aplikasi tersebut cukup populer dan layak pula untuk Anda unduh. Mudah kan?

13.    Foto yang diambil dari kamera ponsel android dapat menyimpan data lokasi (geotag). bagaimana cara mengaktifkannya?
Masuk ke menu kamera – setting – tag location. Settinglah dalam posisi on, maka semua foto yang Anda ambil akan menyimpan info lokasi pengambilan gambar.

14.    Aplikasi facebook untuk android tidak dapat menampilkan status send via android, bagaimana caranya?
Aplikasi facebook untuk android saat ini memang tidak lagi menampilkan status via android. Sebagai alternatif, anda bisa menggunakan aplikasi friendcaster yang masih dapat menampilkan status via android

15.    Apakah aplikasi android aman dari virus?
Aplikasi android terutama yang berasal dari Google Play aman, karena sudah diverifikasi oleh Google dan memiliki sistem pengaman sosial yaitu comment dan rating. Yang beresiko adalah aplikasi yang berasal di luar Google Play  dan aplikasi yang telah dicrack ( dibajak)

16.    Apakah aman, mencabut langsung kartu memori dalam keadaan ponsel hidup?
Sebaiknya jangan, karena akan mengurangi umur kartu memori dan membuatnya cepat rusak. Jika Android Anda memiliki fasilitas hotswap, sebelum mencabut kartu memori, masuklah ke menu setting – SD Card & phone Storage, kemudian tekan menu “unmount SD card”. Nah, sekarang Anda dapat mencabut kartu memori dengan aman

17.    Bagaimana cara memindahkan aplikasi dari memori ponsel android ke kartu memori eksternal?

Silakan masuk ke menu setting – applications – Manage Application. Disini Anda kaan melihat deretan aplikasi yang telah Anda instal. Pilih salah satu yang ingin Anda pindahkan dengan cara mengkliknya. Jika kompatibel, akan muncul pilihan move to SD card. Tekan menu tersebut, maka apliaksi Anda akan berpindah  ke kartu memori.

18.    Bagaimana saya mengetahui aplikasi apa saja yang sedang berjalan, dan bagaimana cara menghentikannya?
Untuk versi ICS ke atas, Anda tinggal menekan tombol utama agak lama, maka muncullah aplikasi-aplikasi yang sedang berjalan. Untuk mematikannya, Anda tinggal menswapnya ke kiri atau kanan. Untuk versi agak lama, silakan masuk ke menu setting – Application. Masuk ke menu “running”. Setelah loading, akan muncul  data aplikasi apa saja yangs sedang berjalan. Untuk mematikannya, cukup tekan menu “stop”.

19.    Bagaimana supaya android saya aman digunakan saat berkendara?
Gunakan craddle untuk mobil atau sepeda motor/sepeda. Aktifkan aplikasi Car Home (bawaan android). Meski menunya menjadi lebih terlihat dan mudah digunakan dengan satu tangan, PULSA tetap tidak menyarankan Anda untuk berkendara sambil berkomunikasi menggunakan ponsel.

20.    Bagaimana saya bisa memberitahu teman tentang lokasi dimana saya berada?
Anda  bisa menggunakan fasilitas Google latitude  bawaan Android. Caranya, klik profil Anda di Google latitude kemudian pilih send location to other.

21.    Saya sedang di depan komputer, tidak membawa ponsel android, tapi ingin menginstal aplikasi, bagaimana caranya?
Anda tetap bisa menginstalnya. Caranya, masuklah ke alamat play.google.com, lakukan login dan pilihlah aplikasi yang hendak Anda instal di ponsel. Klik tombol instal. Selanjutnya akan muncul jendela konfirmasi apakah Anda benar-benar akan menginstal aplikasi tersebut di ponsel Anda.  Setelah Anda benar-benar yakin, klik tombol instal. Maka jika Ponsel Android Anda dalam keadaan hidup dan terkoneksi dengan google play.

22. Apakah aman mencharge ponsel android terus menerus?
Sebaiknya setelah penuh, lepaskan ponsel Anda dari charger. Ini dilakukan supaya baterai Anda awet dan tidak cepat menggelembung. Berdasarkan pengalaman, mencharge ponsel ke laptop atau komputer dengan menggunakan kabel data secara terus menerus juga akan menimbulkan efek negatif yang sama

23. Bagaimana cara mengatur  keamanan ponsel Android  supaya tidak sembarang orang bisa membuka ponsel saya?
Anda bisa menggunakan berbagai fitur keamanan untuk mengunci homescreen Android Anda. Bisa menggunqkan pola (pattern), password, maupun kode angka. Untuk lebih lengkapnya , silakan lihat pilihan pengunci keamanan di menu setting – location & security –set up screen lock. Beberapa Android terbaru juga sudah memiliki fitur pengenalan wajah.

24. Bagaimana saya bisa membuka lock ponsel jika saya lupa password atau gambar pattern saya?
Setelah 5 mencoba tunggu sampai 30 detik, kemudian coba lagi. Jika masih belum mampu mengingat patternnya, akan muncul menu “forgot pattern”. Masukkan alamat email gmail dan password anda untuk membukanya.

25. Saya masih khawatir dengan serangan virus Android. Apa yang harus dilakukan?
Nah, jika Anda masih ragu dan khawatir akan serangan virus, maka Anda punya banyak pilihan aplikasi anti virus di Google Play. Kebanyakan gratis dan beruikuran kecil seperti Netqin, Antivirus Free, Dr. Web, Anti Viurs Pro, Norton Security, Lookout Security, Zoner Anti virus, Bitdefender dan masih banyak lagi. Silakan pilih mana yang dirasa cocok untuk Anda.



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s