Langkah-Langkah Upgrade OS Blackberry

Langkah-langkahnya sbb:

Blackberry selalu meng-update operating system-nya. OS terbaru tersebut biasanya sudah mengalami perbaikan dari OS sebelumnya dan dengan tambahan fitur baru. Untuk upgrade OS Blackberry, silahkan siapkan ponsel blackberry anda, koneksi internet untuk proses download softwarenya, kabel usb bawaan blackberry serta komputer PC atau laptop dengan operating system Windows, kalau anda menggunakan Mac OS anda bisa pakai Virtual Windows atau BootCamp. Prosesnya mungkin akan lama, bisa sejam lebih jadi sediakanlah waktu khusus untuk ini.

Pertama, silahkan download software Blackberry OS terbaru yang anda inginkan dan simpan filenya. Anda bisa mengetahui versi OS di blackberry anda dengan cara klik ‘Options’ dari jendela Home dan pilih ‘About’, setelah huruf ‘v’ adalah versi BB anda, misal v5.0.0.442 berarti blackberry ini masih menggunakan BB OS 5.0.0.442 dan sangat perlu diupgrade. Biasanya Official Blackberry OS resmi akan disediakan oleh operator anda namun bila tidak disediakan anda bisa menggunakan OS resmi terbaru yang dikeluarkan oleh operator lain dengan syarat sebelum instalasi anda mesti men-delete XML file yang terdapat di program file windows (biasanya di C:), ‘Program Files’–>’Common Files’–>’Research In Motion’–>’AppLoader’, hapus file ‘vendor.xml’. Bisa saja file ini tidak anda hapus asalkan ponsel blackberry anda sudah di-unlocked. Beberapa fitur mungkin akan berbeda antara blackberry OS sebelum anda upgrade dengan setelah di-upgrade. Apabila anda menginstal BB OS Leaked caranya juga sama, yang jelas lakukan ini dengan hati-hati dan resiko anda tanggung sendiri.

Kedua, download aplikasi Blackberry Desktop Manager (DM). Bila anda masih menggunakan DM versi lama silahkan di-upgrade dulu.

Ketiga, anda mungkin ingin mencatat setting-an khusus atau data login password dan lain sebagainya yang akan terpengaruh oleh upgrade kita. Setelah instalasi ke OS yang baru segala setting-an akan kembali ke default jadi saya pikir ini patut diperhatikan.

Keempat, memulai instalasi. Silahkan close semua aplikasi yang berkaitan dengan Blackberry yang sedang berjalan di PC anda dan buka atau jalankan/launch file .exe Blackberry OS terbaru yang sudah anda download.

Installation Wizard akan muncul, klik ‘Next’, pilih negara anda, ‘Accept the terms of service’ kemudian klik ‘Next’ lagi. Setelah proses instal selesai di PC, anda akan diminta untuk memulai Blackberry Desktop Manager. Centang pilihan ini lalu klik ‘Finish’. Secara otomatis Desktop Manager akan terbuka, silahkan hubungkan ponsel blackberry anda ke pc melalui kabel usb. Seandainya setelah beberapa menit DM tidak terbuka berarti anda mesti menjalankannya secara manual.

Dalam beberapa saat DM software akan mencari device blackberry anda kemudian akan muncul box dialogue menanyakan apakah anda ingin meng-install upgrade terbaru/available-upgrades. Klik ‘Update Now’ dan akan muncul list aplikasi yang akan terpengaruh dari proses instalasi ini. Pastikan data anda ter-backup otomatis dengan mengeceknya di ‘Options’ dibagian ‘Data Preservation and Device Backup’. Pastikan itu sudah tercentang kemudian klik ‘OK’. Anda juga bisa menentukan aplikasi yang akan ditambah atau di-upgrade yang tidak masuk di default daftar aplikasi di Desktop Manager dengan mengklik tab ‘Advanced’.

Selanjutnya klik ‘Next’ lalu ‘Finish’, dan tunggu saat OS baru sementara di-install di blackberry anda. Mohon sabar karna proses ini akan cukup lama.

Kita akan mengetahui bahwa OS terbaru sudah ter-install dengan baik ketika muncul pesan di layar PC bahwa ‘Desktop Manager’s Update Complete’ dan sinyal blackberry anda kembali menyala. Setelah semua proses upgrade selesai anda akan menerima pesan Email yang mengatakan bahwa ‘your device is registered with your carrier’s network’. Kadangkala kita tidak menerima pesan ini sehingga kita mesti melakukannya secara manual, masuk ke ‘Setup’–>’Email Setting’–>pencet tombol dgn icon Blackberry–>klik ‘Service Books’. Apabila anda belum menambahkan akun email, tambahkan dulu kemudian login.

Cara upgrade ini bisa anda terapkan untuk device blackberry model apa saja. Asalkan anda mengikuti langkah-langkah ini, proses upgrade anda insya Allah akan baik-baik saja.

DWYOR



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s