Tips Menggunakan dan Menghemat Baterai Blackberry

Berikut tips yang bisa diterapkan agar kita bisa terus “ngebeib” tanpa khawatir baterai cepat ngedrop di tengah jalan.

1. Kurangi cahaya layar. Secara default, layar blackberry mengeluarkan cahaya yang sangat terang. Ini tentu sangat membantu saat kita membaca tulisan panjang di email atau berita terbaru. Tapi saat tidak dibutuhkan, kurangi cahaya layar sampai hanya 10% dari normal. Meskipun kurang nyaman, tapi teks masih bisa dibaca dengan cahaya 10%.

2. Matikan lampu sinyal pesan masuk. Setiap kali menerima pesan, layar Blackberry akan menyala. Fitur ini bisa kita matikan karena hanya akan memakan energi baterai.

3. Kurangi suara notifikasi. Selain lewat lampu, Blackberry juga menyediakan notifikasi lewat suara. Hilangkan notifikasi suara yang tidak penting atau gunakan profil dengan suara minim (Phones Only).

4. Bersihkan memori Blackberry dari data-data tidak penting atau aplikasi yang sudah tidak digunakan untuk mengurangi beban saat Blackberry mengakses data dan atau menjalankan aplikasi.

5. Sedia payung sebelum hujan. Artiniya, sediakan charger atau baterai cadangan, khususnya bila Anda sedang berada di tempat terbuka tanpa akses listrik. Saat ini sudah beredar travel charger dengan tenaga baterai AA yang siap mengisi-ulang baterai Blackberry Anda.

6. Selalu aktifkan auto-lock program.

7. Gunakan holster asli dari Blackberry yang secara otomatis standby Blackberry anda sewaktu dimasukan.

8. Gunakan 2G daripada 3G data untuk Blackberrry 3G seperti Bold dan Storm, karena baterai akan lebih cepat habis untuk searching signal 3G.

9. Non aktifkan wifi dan Bluetooth jika tidak digunakan.

10. Juga bisa gunakan baterai cadangan. Agar bisa mencharge baterai secara optimal, gunakan baterai sampai habis, ganti baterai serap, charge full baterai standard dan gunakan kembali. Bisa gunakan KingMax Battery for BlackBerry sebagai baterai cadangan, alternatif yang terjangkau.

11. Pada saat anda pertama mendapatkan Blackberry Device baru, charge baterai secara penuh sampai full 100%. Tidak ada efek samping overcharging karena baterai BlackBerry tidak bisa di overcharge. Biasanya charging awal menggunakan waktu 2-4 jam dengan charger ori BlackBerry. Kadang, baterai baru dikotak bisa saja sudah tercharge 100%, jadi tidak usah tambah charge lagi.

12. Li-ion Batteri TIDAK perlu dilakukan “conditioning” seperti battery lama yang perlu di habiskan / kosongkan battery lalu di charge penuh selama 3 kali.

14. Jika anda adalah user baru BlackBerry jangan lupa karena anda menghabiskan banyak waktu mencoba dan setting BlackBerry anda maka mungkin saja menggunakan lebih banyak baterai dari normal.

15. Karena Li-ion baterai tidak perlu di tunggu sampai kosong untuk dicharge, anda bisa selalu charge baterai anda kapan saja.

16. Setelah setiap 30 charging, baru kosongkan battery anda ke sekitar level 10-15%, lalu charge penuh ke 100%. Hal ini dilakukan untuk maintain ketepatan battery meter. Ingat hal ini dilakukan hanya untuk ketepatan baterry meter level bukan untuk menjaga kerusakan baterai.

17. JANGAN pakai baterai sampai kosong atau ke level 10-20% SETIAP hari! Hal tersebut akan merusak baterai anda. Selalu charge baterai anda untuk menjaga dari kosong, walaupun 10-20 menit charge.

18. Untuk melihat kondisi batterai, bisa gunakan aplikasi MeterBerry Battery monitor.

19. Charging tidak harus power off BlackBerry namum akan lebih cepat terisi baterai jika di off. Kalau anda perlu menggunakan BlackBerry anda, charging dengan power on tidak bermasalah

20. Gunakan baterai / BlackBerry anda di suhu ruangan standard yaitu -20C s/d +35C dengan humidity 65±20%.

21. Selama pemakain baterai, jauhkan BlackBerry / baterai anda dari suhu tinggi / panas dan voltage tinggi.

22. Menjaga baterai dari jatuh, terlempar atau situasi impact besar/tinggi.

23. Gunakan baterai dengan charger yang cocok dan jangan charge lebih dari 24jam (walaupun charger BlackBerry akan otomatis berhenti charge pada saat full charge.

24. Jika anda tidak menggunakan baterai Li-ion anda, simpan baterai tersebut dengan charging power di sekitar 50% dan simpan di suhu ruangan standard dan kering. Suhu panas seperti di dalam mobil atau ruangan panas akan menghabiskan baterai level secara cepat dan charging di area suhu panas akan menggunakan waktu yang lebih lama.

25. Gunakan material non-conductive yang bukan besi/metal untuk bungkus baterai untuk menjaganya dari kerusakan.

26. Secara standard, baterai Li-ion punya kemampuan 300-500 kali charges, (sekitar tahan 2 tahun) tentunya juga sesuai pemakain anda. Baterai Li-ion biasanya tetap memberikan power yang tepat dan kemampuannya yang sama.

27. aplikasi BlackBerry yang desainnya kurang bagus bisa memaksa perangkat keras telepon akan bekerja keras dan ujung-ujungnya menguras tenaga. Banyak yang tidak sadar karena kebanyakan aplikasi bekerja di background.


2 Komentar on “Tips Menggunakan dan Menghemat Baterai Blackberry”

  1. […] Tips Menggunakan dan Menghemat Baterai Blackberry […]

  2. […] Tips Menggunakan dan Menghemat Baterai Blackberry […]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s