Mengatasi Kerusakan Blackberry

Blackberry tidak terlepas dari permasalahan. Salah satunya adalah kegagalan blackberry untuk hidup kembali dengan indikasi terdapat layar putih dengan pesan kesalahan, layar gelap hanya LED saja yang menyala atau bahkan hanya layar gelap belaka (mati total atau sering disebut matot).

Hal ini dapat diakibatkan oleh banyak faktor. Secara garis besar penyebab matinya Blackberry dapat dibagi menjadi 2 faktor yaitu kerusakan hardware & kerusakan software. Ada beberapa usaha yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan ini yaitu:

Copot Battery
Usaha pertama yang perlu dilakukan adalah dengan melakukan “Battery Pull” atau copot battery. Hal ini dilakukan dengan cara melepas baterai dan menunggu sekitar lebih kurang 3 menit sebelum memasang kembali battery. Apabila tidak berhasil, coba lepas SIM Card dan Media Card sebelum memasang kembali battery. Apabila blackberry masih tidak dapat menyala, coba lakukan tukar battery atau Recharge battery yang caranya akan dijelaskan berikut ini.

Tukar Battery
Usaha tukar battery bertujuan untuk memastikan bahwa permasalahan bukan diakibatkan oleh battery, hal yang dapat dilakukan adalah dengan mencoba memasang baterai yang “good” dan “fully recharge” ke blackberry yang bermasalah. Apabila blackberry dapat menyala, ganti atau charge ulang battery menggunakan cara berikut ini. Apabila tidak berhasil, artinya permasalahan bukan disebabkan oleh battery, coba dengan me-”reload” OS.

Recharge Battery
Usaha ini mencoba melakukan charging pada battery yang sudah habis total. Cabut Baterai, SIM Card, Media Card, biarkan terbuka. Jalankan Desktop Manager. Sambungkan Blackberry dengan PC menggunakan kabel USB. Tunggu sampai muncul gambar battery disilang. Pasang battery tanpa melepas sambungan blackberry dengan PC. Tunggu sampai Blackberry menyala, biarkan charge sampai beberapa garis battery. Cabut koneksi, segera charge dengan charger.

Reload Sistem Operasi
Load sistem operasi Blackberry menggunakan bantuan command prompt. Install Desktop Manager pada PC, kemudian install OS menggunakan OS “bawaan” yang biasanya disertakan di dalam CD yang terdapat di dalam kardus Blackberry. Pastikan OS lain yang sudah diinstall di dalam PC dihapus terlebih dahulu. Delete file Vendor.xml yang terdapat di dalam folder “Program Files/Common Files/Research in Motion/AppLoader”. Pastikan Desktop Manager tidak “Running” di dalam Windows. Apabila Desktop Manager “Running”, Matikan autostart dan restart Windows. Kemudian ikuti langkah langkah di bawah ini:
Jalankan Command Prompt (Ketik Alt+R kemudian ketik cmd + Enter).

Ketikkan pada Command Prompt
CD \ (Tekan Enter)
CD PROGRA~1 (Tekan Enter)
CD COMMON~1 (Tekan Enter)
CD RESEAR~1 (Tekan Enter)
CD APPLOA~1 (Tekan Enter)
LOADER /NOJVM (Tekan Enter)

Restore Backup anda dengan Desktop Manager apabila proses loading firmware selesai.

Apabila cara ini masih belum berhasil, kemungkinan besar permasalahan Blackberry disebabkan oleh kerusakan Hardware.

***


One Comment on “Mengatasi Kerusakan Blackberry”


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s