BBM Social Platform, Ketika RIM Menggandeng Pengembang Aplikasi

Blackberry Messenger (BBM) yang pada awalnya hanya sebuah instant messaging application bagi para pengguna BlackBerry, saat ini akan ditransformasikan menjadi sebuah Social Platform, dimana user bisa melalukan VoIP call, sharing, user profile, fitur chat yang diperluas, data transfer, invitations dan lain-lain.

Apa Kelebihan BBM?
Ada lebih dari 33 juta pelanggan BBM di dunia dengan tingkat penetrasi 50% pada tahun 2010 dan ada 2000 pelanggan baru tiap harinya. Selain itu kelebihan dari BBM adalah bersifat mobile-only communication, always-on experience dan you’ll always there when friends need you.

Mengembangkan aplikasi menggunakan BBM juga dapat membantu sebuah aplikasi dapat dicari dengan lebih mudah menggunakan distribusi viral. Hal ini dibantu oleh BBM API yang akan diluncurkan pertengahan tahun ini. Dengan menggunakan BBM API, developer dapat mengintegrasikan aplikasinya dengan BBM. Kita dapat mengakses display name dan PIN dari BBM contacts. Selain mengakses, kita dapat mengupdate status, status message, personal message, avatar dan lokasi/time zone flag. Setelah itu, yang baru dari BBM nanti adalah custom profile box, dimana developer dapat meletakkan sebuah box di profile BBM penggunanya, misalkan status update yang dikontrol oleh aplikasi kita, achievement yang didapat dari aplikasi kita dan pushed data alert. Selain itu pengguna dapat menjalankan aplikasi dari application box di BBM yang semuanya didefinisikan oleh aplikasi yang kita buat.

BBM API membuat developer dapat membuat in-app chat. Chat ini sendiri dapat dilakukan secara anonymous. Lalu chat dapat dilakukan dalam aplikasi 3rd party dan bisa juga diakses dari BBM, sehingga jika user mengajak chatting temannya dari suatu aplikasi 3rd party, maka temannya tersebut tidak perlu mempunyai aplikasi 3rd party yang sama untuk dapat chatting dan cukup menggunakan aplikasi BBM saja.

Integrasi yang ditawarkan juga membuat developer dapat me-listen chat, yaitu mendeteksi inisiasi chat dan partisipan dari chat. Selain itu dengan invoke, pengguna dapat invoke group atau contact tertentu ke dalam home screen.

Dengan kebebasan seperti ini, tentu faktor keamanan dan privasi juga menjadi concern dari pengembang BBM. Oleh karena itu mereka menyiapkan aksi yang user-driven, dimana pengguna dapat memilih kontak mana yang bisa diundang ke sebuah chat, multiperson chat atau group. Pengguna juga bisa menolak adanya update status dari 3rd party app. When will it be launched? BBM API akan diluncurkan kepada developer musim semi ini dan kepada consumer pada saat WES 2011.


One Comment on “BBM Social Platform, Ketika RIM Menggandeng Pengembang Aplikasi”


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s