Antara BlackBerry, Android dan iPhone

Sebenarnya selain 3 buah smartphone (plus sistem operasinya), masih ada lagi Windows Mobile yang baru meluncurkan Windows Mobile 7 dan Palm dengan PalmPre nya. Namun untuk pasar di Indonesia, hanya 3 buah jenis smartphone ini yang menguasai pasar. Sebenarnya kalau berbicara pasar Indonesia, BlackBerry yang menguasai pasar. Namun Android nampaknya mulai digemari selain iPhone yang selalu digemari oleh konsumen setianya. Kita bisa membandingkan tiga buah jenis smartphone ini dari berbagai sisi fitur, kegunaan dan dari sisi penggunanya.

BlackBerry
Terkenal dengan teknologi push email dan koneksi internet menggunakan BIS. Untuk pasar Indonesia, BB juara karena BB mendukung kegemaran bangsa kita: Social Networking. Awalnya BB dirancang untuk pengguna dari segi enterprise (perusahaan). Perusahaan-perusahaan ingin membuat karyawannya tetap dapat stay-in-touch dengan pekerjaannya walaupun sedang dinas ke luar kantor. Oleh karena itu kolaborasi pekerjaan dilakukan dengan email (makanya ada push email) dan juga aplikasi dengan menggunakan koneksi BES (BlackBerry Enterprise Server). BES ini dimiliki oleh setiap perusahaan dan digunanakan sebagai infrastruktur komunikasi internal perusahaan yang diakses menggunakan BB.

Namun mulai sekitar tahun 2008, pasar pengguna BB bergerak dari enterprise ke end-user alias pengguna umum seperti kita. Karena ada push notification yang menjadi kelebihan BB, pengguna dapat mengetahui update dari dunia luar. Bukan cuma email, tetapi sekarang ada Facebook, Twitter, MySpace dan aplikasi social network yang lainnya. Selain itu pengguna BB dapat chatting via BlackBerry Messenger (BBM), yaitu aplikasi messenger yang khusus untuk pengguna BB menggunakan PIN sebagai tanda pengenal user (bukan username seperti di YM, gtalk dll).

Kelebihan:
Jika anda menginginkan koneksi tanpa batas dengan dunia luar, menginginkan email-email anda langsung masuk ke handset anda dan ingin tetap stay in touch dengan lingkungan sosial anda, pakailah BB. Jika anda freelancer, pekerja luaran, pekerja yang menghadapi banyak client dan pekerjaan lainnya yang membutuhkan update info cepat, mudah dihubungi dan berhubungan dengan orang banyak, mungkin BB bisa jadi pilihan yang tepat untuk mendukung pekerjaan anda.

Kekurangan:
Jika anda menginginkan smartphone dengan game seru, menginginkan pengalaman yang beda dari memakai telepon genggam sebagai teman bermain anda di kala senggang dan tidak terlalu butuh untuk online selalu demi email dan notifikasi social network terbaru, jangan pilih BB. Jika anda pekerja kantoran yang tidak bisa lepas dari social network, chatting, dan handphone itu sendiri, janagn pilih BB, karena nanti pekerjaan anda akan tersendat karena keasikan bermain BB.

Android
Android adalah “sistem operasi” yang dikembangkan oleh Google. Smartphone ini dirancang untuk dapat berjalan di handset apapun asalkan mendukung sistem operasi Android. Di sini bedanya BB dan iPhone dengan android. Sistem operasi BB dan iPhone hanya bisa berjalan di handset tertentu saja, yaitu keluaran RIM untuk BB dan poduk iphone dari Apple untuk iPhone OS). Sistem operasi Android ini bersifat terbuka, sehingga siapapun bisa mengedit sistem operasi ini. Keunggulan dari Android antara lain menawarkan pengalaman menggunakan ponsel yang berbeda. Android mendukung multi touch, multi gesture, konektivitas menggunakan data plan ataupun via WiFi dan WiMax dan lainnya (seperti iPhone). Bedanya dengan iPhone (dengan versi iOS < 4), Android mendukung multitasking. Hal lain yang menjadi poin plus Android adalah cara pemasaran Android seperti Linux (besar dari komunitas, sehingga tentunya komunitas pengguna dan developer android dikenal cukup solid).

Sebenarnya Android mendukung push notification, namun terbatas untuk produk dari google (gmail, google calendar, dll). Ada juga pihak ketiga yang mengimplementasi fitur push ke android, yaitu Xtify, ada juga MQTT. Jadi secara awam, layanan push ke Android masih tergolong terbatas. Dan selebihnya ada yg tergolong poll (bukan push, bukan pull, tapi poll). Poll adalah mekanisme dimana handset akan terus-terusan mengecek ke server apakah ada update dalam kurun waktu tertentu.

Kelebihan:
Jika anda menginginkan smartphone dengan layar sentuh yang mempunyai performa baik, namun tidak mau pasaran dengan menggunakan iPhone (atau tidak mempunyai budget untuk membeli iPhone yang mahal) dan menginginkan multitasking, pilih Android. Jika anda menginginkan smartphone yang mendukung games dengan grafis yang bagus dan selain itu suka mencari aplikasi gratisan secara online, pilih Android.

Kekurangan:
Anda butuh smartphone dengan daya dukung baterai paling baik? Jangan pakai Android. Android secara umum membutuhkan energi baterai yang lebih besar ketimbang BB dan iPhone. Jika anda membutuhkan keyboard yang responsif dan praktis, jangan pakai Android.

iPhone
iPhone adalah smartphone yang dikembangkan oleh Apple. Tipikal pengguna iPhone adalah tipikal pengguna yang setia, mengapa? Karena sebagian besar pengguna iPhone merasa puas dengan smartphonenya itu. Terlebih dibandingkan dengan Android, iPhone memiliki performa multi touch dan multi gesture yang lebih baik. Kalau Android performa hardware tentu tergantung handset yang digunakan. iPhone juga menjadi salah satu gaya anak muda di luar negeri. Bicara games? iPhone punya banyak aplikasi games dan aplikasi menyenangkan lainnya atau bisa dibilang pada iPhone banyak pengembang yang membuat aplikasi simpel. Contohnya adalah aplikasi vuvuzela, yang akan mengeluarkan suara vuvuzela jika kita menggoyangkan iPhone kita. Sistem operasi iPhone juga menawarkan pengalaman menggunakan ponsel (user experience) yang paling baik.

Kelebihan:
Jika anda membutuhkan smartphone stylish, mempunyai performa multi touch yang paling baik dan dilengkapi oleh aplikasi-aplikasi simpel namun menyenangkan, pilih iPhone. Jika anda ingin bermain games yang bermacam-macam, tinggal cari di store nya iPhone dan tentunya, pilih iPhone dulu sebagai smartphone anda.

Kekurangan:
Jika anda teledor (suka menjatuhkan barang), iPhone terlalu sayang untuk dijatuhkan. Pikir dua kali kalau ingin menjatuhkan iPhone anda. Jika anda menginginkan multitasking, jangan pilih iPhone. Namun iOS versi 4 sudah mendukung multitasking. iPhone biasanya masuk Indonesia via black market, karena pada umumnya iPhone dijual dengan cara bundling dengan operator dan iPhone selalu terlambat masuk ke Indonesia. Oleh karena itu, patut dipertimbangkan jika ingin membeli iPhone.

Kesimpulan
Singkat kata, berdasarkan fitur, kelebihan dan hal yang ditawarkan dari setiap smartphone, kita bisa menyimpulkan seperti ini:

Interface + multi touch: iPhone

Opsi hardware: Android

Tingkat ketersediaan: Android

Keterbukaan: Android

Konektivitas: BlackBerry

E-Mail dan Social Networking (+chatting): BlackBerry



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s