Web Bot, Ketika Internet Meramal Masa Depan

Web Bot (atau Proyek Bot Web) mengacu pada Internet Bot, yaitu sebuah program perangkat lunak yang diklaim dapat memprediksi kejadian dimasa depan dengan menggunakan kata kunci pelacakan yang bersumber pada Internet. Diciptakan pada tahun 1997 yang awalnya hanya untuk memprediksi tren pasar saham. Pencipta Proyek Bot Web adalah Clif High dan rekannya George Ure, yang menyebut diri sebagai “The Time Monks”.

Internet Bot memantau artikel berita, blog, forum, dan lain-lain dari semua percakapan diinternet. Kata-kata dalam Lexicon ditugaskan sebagai penilai numerik untuk bilangan-bilangan emosional (seperti durasi, dampak, kesiapan, intensitas, dan lain-lain). Lexicon merupakan sesuatu yang dinamis dan dapat berubah sesuai dengan pergeseran-pergeseran dalam ketegangan emosional dan perubahan-perubahan manusia yang sedang berkomunikasi  sebagai pengguna Internet. Pada tahun 2008, ada sekitar 300.000 kata kunci dalam Lexicon yang dimasukkan ke dalam model komputer. Mereka kemudian menggunakan teknik yang disebut Language Trend Analysis (ALTA) yang mana laporan-laporan prediktif tersebut dikenal sebagai ALTA atau laporan Bot Web.

Ramalan-Ramalan Web Bot

Bot Web ini diklaim telah meramalkan beberapa peristiwa sebelum mereka terjadi, seperti:

  1. Serangan 11 September (9/11) di Amerika Serikat, dimana prediksi dari Web Bot banyak berkisar tentang Pesawat dan Gedung.
  2. Kecelakaan American Airlines (penerbangan 587), yaitu sebuah pesawat Airbus A300 yang menabrak Belle Harbor, sebuah wilayah di New York City, New York.
  3. Bencana Space Shuttle Columbia pada Januari 2003.
  4. NorthEast Blackout tahun 2003, yaitu pemadaman listrik yang terjadi di seluruh bagian Timur Laut dan Barat Tengah Amerika Serikat dan Ontario, Kanada pada Kamis, Agustus 14, 2003.
  5. Gempa Bumi dan Tsunami di Samudra Hindia (Indonesia) 2004, dimana prediksi Web Bot banyak berkisar tentang Laut dan kematian ratusan ribu penduduk.
  6. Badai Katrina dari Musim Topan Atlantik 2005 yang merupakan bencana alam termahal dan merupakan salah satu dari lima badai mematikan dalam sejarah Amerika Serikat.
  7. Insiden Berburu Dick Cheney yang terjadi pada 11 Februari 2006, ketika Wakil Presiden AS itu menembak Harry Whittington , 78 tahun saat turut berpartisipasi dalam berburu puyuh di sebuah peternakan di Kenedy County, Texas.
  8. Sebuah gempa besar di Vancouver, Kanada dan Pacific Northwest yang diperkirakan terjadi pada tanggal 12 Desember 2008.
  9. Krisis Timur Tengah dan Afrika Utara dari 11 Juli 2010 dan seterusnya, (Perhatikan bahwa 2010-2011 protes terjadi enam bulan kemudian).
  10. November 5-14 2010, Bot Web memperingatkan sebuah titik kritis yang besar, pasar saham crash dan masalah keuangan.
  11. Bulan Oktober 2010 Bot Web meramalkan peristiwa besar yang disebut Tipping Point yang terjadi antara 8 November dan 11 November. Tipping Point terjadi antara 5 November dan 14 November.
  12. Runtuhnya dolar AS mulai tahun 2009.
  13. Maret 2011, gelombang revolusi akan tenang dalam periode reformasi khususnya di daerah bermasalah di dunia.
  14. Prediksi untuk tahun 2012 adalah ‘blank’ alias tidak terbaca untuk Web Bot ini.

Demikian sedikit catatan kecil tentang bagaimana teknologi sudah sampai pada tahapan yang melampaui pikiran kita yang menembus batas-batas ruang dan waktu.


One Comment on “Web Bot, Ketika Internet Meramal Masa Depan”

  1. […] Web Bot, Ketika Internet Meramal Masa Depan […]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s